Sabtu, 27 Oktober 2012

membersihkan rantai

Postingan kali ini saya akan membagikan sedikit Tips bagaimana cara membersihkan rantai yang benar. Langsung saja inilah di@ tipsya:

Menggunakan chain cleaner
Ø Semprot rantai dengan chain cleaner (pembersih rantai) untuk menghilangkan bekas pelumas yang bercampur dengan debu dan pasir, bersihkan pula bagian gir (cassette).
Ø Setelah didiamkan selama 2-3 menit, bersihkan rantai dengan air. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Lalu lap semua bagian-bagiannya sampai kering.
Ø Semprot rantai dan gir dengan pelumas rantai (chain lube).

Menggunakan bahan sederhana
Ø Siapkan botol plastik atau kaca dengan mulut botol yang agak besar agar rantai mudah dimasukan dan dikeluarkan. Masukkan minyak tanah atau bensin secukupnya agar rantai yang masuk dapat terendam semuanya.
Ø Lepaskan rantai dengan menggunakan alat pemutus dan penyambung rantai (chain cutter). Lalu masukan rantai itu kedalam botol yang telah disediakan. Tutup botol dengan rapat dan kocok-kocok beberapa menit hingga terlihat rantai sudah bersih.
Ø Keluarkan rantai dan keringkan dengan menggunakan lap bersih. Bersihkan pula gir depan dan belakang sebelum rantai dipasang kembali dengan menggunakan sikat besi.
Ø Setelah rantai terpasang kembali, lumasi rantai dengan minyak mesin jahit (bisa di dapatkan di toko penjahit bukan penjahat hehe….) atau pelumas rantai yang terpercaya.

nah itulah bagaimana caranya membersihkan rantai yang benar...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook